Kamis, 30 April 2009

Sejarah Peredaban Islam (3)

b. Kerajaan Murabbithun (1086-1143M
Ketika kerajaan bani Umayyah hancur di Spayol muncul kerajaan kerajaan kecil yg disebut Mulukut Thawaif, kan tetapi keberadaannya tdk bertahan lama hingga muncul dinasti Murabbithun. Dinasti ini mulanya mrp gerakan keagamaan di Afrika Utara yg dipimpin Yusuf bin Tasyin dan berhasil menguasai Spanyol Dinasti ini mengalami kehancuran stlh dipimpin khalifah yg lemah dan kalah dari pasukan Muwahiddun.
c. Kerajaan Muwahhidun (1146-1235M)
Dinasti ini didirikan oleh Muhammad bin Turmat. Untuk beberapa masa dinasti iini mengalami masa kejayaan. Tetapi akhirnya mengalami kemunduran setelah kalah secara beruntun dlm pertmpuran di Navas de Tolesa.
d. Kerajaan Bani Ahmar (1232-1492M)
Dlm situasi tak menentu di Spayol muncullah kerajaan bani Ahmar. Pd masa ini Islam kembali berjaya seperti pd kerajaan bani Umayyah di Spayol. Akan tetapi masa keemasan itu tak berlangsung lama,setelah jd perselisihan kelg. Istana. Abu Abdullah sbg putra mahkota gagal diangkat mjd raja, lalu ia dendam thd ayahnya yg mengangkat sudaranya sbg raja bani Ahmar. Abu Abdullah meminta bantuan ratu Isabellaa (raja Kristhen Ropa) utk menggulingkan ayahnya, tetapi kesempatan ini digunakan Ratu Isabella utk mengusir umat Islam sekaligus dr bumi SPANYOL.
3. Kerajaan Islam di India
Daerah India ditaklukkan oleh Muhammad bin Qosim pd masa pemerinthan khalifah Walid bin Abdul Malik. Akan tetapi daerah India mrp daerah OTONOM, yg nanti pd gilirannya menghantarkan pemisahan diri dari kekuasaan pusat di Bagdhad.Sthl dinasti Abbasiyah berakhir krj-krj kecil di India menyatakan diri lepas dan berdiri sendiri. Kerajaan tsb diantaranya:
a. Krj. Sabaktakin/Ghaznawi
Krj ini didirikan oleh Alp Takin pd th 976 M. Sabaktakin seorang panglima yg kemudian memperluas wil kerajaan ini.Pd masa Mahmud Ghazna kerajaan ini mcpai zaman keemasan, banyak ilmuan dan ulama India terkenal keseluruh dunia.
b. Krj Ghazi
Krj ini didirikan oleh Alauddin Husain bin Husein th 1186M di Fruskhah. Pd masa khalifah Muhammad Abdul Mudzaffar bin Husein Al Ghazi kerajaan ini mencapai kejayaan. Dia mampu memperluas wil. Kekuasaan dan menjalankan pemerintahan yg demokratis.
c. Krj Khalji
Didirikan oleh Jalaluddin Firuz Khalji. Pd th 1292M Jalaluddin berhasil menakhlukan tentara Mongol yg menyerang India, sedangkan cucunya berhasil menakhlukkan beberapa daerah. Sejak itu krj ini memilki posisi yg kuat.
d. Krj Taglak
kerajaan ini mrp kerajaan Islam terakhir di India, sebelum bangsa Mongol menguasai wil India.
B. KEMAUAN PERADAPAN ISLAM DILUAR WIL BANI ABBASIYAH
1. Perkembangan peradapan Islam di Andalusia (Spanyol)
Setelah Islam menginja Spayol, nasib negeri ini melesat jauh meninggalkan negara tetanganya di Eropa. Bentuk peradaban pd masa Islam di Spayol adl:
a. Kota Cardova
Kota ini mjd pusat pemerintahan pd masa Abdurrahman Al Dakhil. Tata kota dan bangunan dibangun dgn sangat indah, di tengah kota dibangun Masjid raya Cardova yg megah.
b. Kota Granada
Kota ini mrp kota paling subur di Spanyol. Kaum muslimin membuat saluran irigasi, utk keprl pertanian. Di atas bukit di kota ini tdp istana Al Hamra yg dibangun Bani Akhmar. Di depan istana dibangun menara tinggi dengan lonceng dg berat 1200kg. Lonceng ini dibunyikan 24 jam setiap tgl 2 Januari guna memperinganti jatuhnya Granada ke tangan kaum Muslim
2. Kemajuan peradaban Isalam di Mesir
Mesir jatuh ke tangan kaum muslimin yg dipimpin Amru bin Ash, setelah itu Mesir diperintah secara bergantian oleh banyak kerajaan Islam.adapun peradapan yg ditinggalkan adl
a. Masjid raya Amr bin Ash
Masjid ini dibangun di kota Fushat pd masa pemerintahan Amr bin Ash.
b. Masjid Ibnu Thoulon
Masjid ini dibangun th 876M pd masa pemerintahan Sutan Ahmad bin Thaulon. Dinding masjid dihiasi balok –balok indah yg didatangkan dr Armenia dgn tulisan ayat suci Al-Quran.
c. Kota Kairo (Al qahiroh)
Pembangunan kota ini disiapkan untuk Khalifah Al Mu’iz li Dinilah. Kota ini dibangun lengkap dgn tembok pengaman, istana megah, rumah dinas, pasar, dan taman istana.
d. Universitas AlAzhar
Universitas ini pd mulanya adl masjid yg dibangun dimasa Khalifah Al Mu’iz li Dinilah. Tapi pd masa khalifah Al Aziz diubah fungsinya mjd universitas.
3. Kemajuan peradapaan Islam di India
India mrp negara yg memiliki kebudyaan cukup tua selain Yunani,persia, dan Mesir. Asuknya Islam dinegara tersebut mengakibatkan tjdnya akulturasi budaya. Peninggalan peradapan Islam di India adalah:
a. Taj Mahal
Taj Mahal sbg lambang kemegahan Islam di India merupakan bangunan yg unik dan indah yg bertahtahkan emas dan mutiara. Bangunan ini dibuat pd masa Syeh jehan (1628-1657M) untuk persembahan kpd permaisuriny yg tlh meninggal dunia.
b. Masjid Quwwatul Islam
Masjid ini mrp mesjid yg paling megah yg pertama di bangun di India.
c. Masjid fathus Syikri dan masjid Delka adalah dua Masjid yg dibangun di kota Gujarat India
Disamping kemajuan di atas, India pd masa pemerintahan Sultan Mahmud dr kerajaan Sabaktakin pernah mencapai kejayaan sbg pusat ilmu pengetahuan. Banyak pelajar berdatangan untuk menuntut ilmu di India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar